We Can Take From Our Life Up To What We Put To It……..

Lagu Pengamen Buat “Menteri Keuangan Sri Mulyani”

Bukan pengamen jalanan jika tidak kreatif mengutak-atik lagu. Dengan sedikit mengubah syair lagu Sri Minggat milik Sony Joss, para pengamen bus kota di Jakarta pun menyindir rencana kepergian Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menghamba kepada Bank Dunia.

Hebatnya, lagu ‘Bu Sri Minggat’ tersebut menjadi top hits di bus antar kota sejak tiga hari terakhir ini.

“Ndang minggato Sri, ndang minggatoooo.., ndang minggato dadi buruh nang Bank Dunia. Ndang minggato Sri, ndang minggatoooo, ndang minggato nggowo mlayu duwik Century. (Cepat pergi Sri, cepat pergi, cepat pergi jadi buruh di Bank Dunia, cepat pergi Sri, cepat pergi bawa lari uang century)”, demikian lagu sindiran yang menjadi top hits di bus antar kota.

Mashudi, salah satu pengamen di terminal mengatakan, lagu sindiran itu didendangkan oleh para pengamen sejak tiga hari terakhir ini. “Ya sebagai spontanitas saja atas gonjang-ganjing Sri Mulyani. Apalagi masalah ini sedang ramai jadi perdebatan,” kata Mashudi usai turun dari bus kota, Sabtu (8/5).

Pengamen berambut gondrong ini menambahkan, lagu sindiran ala terminal itu ia aransir secara keroyokan saat senggang. Hal itu sebagai bentuk kritik dari kaum jalanan untuk bangsa ini. Ia mencontohkan, jika mahasiswa menyampaikan kritik dengan demonstrasi, wartawan dengan cara menulis di media massa, anggota dewan dengan cara bentuk pansus.

“Kalau kami dengan cara bernyanyi. Inilah cara kami mengkritik negara,” tambahnya sembari tertawa.

Walhasil, lagu made in terminal itu mendapat respon cukup bagus dari penumpang. Kata Mashudi, sering sekali senyum penumpang langsung mengembang ketika mendengar lagu bu Sri tersebut.

“Jika penumpang merasa terhibur maka recehan yang mampir di kantung kami juga lumayan,” pungkas Mashudi sembari menenteng gitar usangnya.

Inilah Lagu Minggat yang Tiba-tiba Ngetop

Tentu, ini tak ada hubungan dengan situasi politik terkini. Juga, tak ada hubungan dengan Bank Dunia. Ini adalah syair asli laguMinggat, yang tiba-tiba jadi populer.

Lagu ini diciptakan oleh Sonny Josz. Dalam langgam campursari, lagu ini juga dinyanyikan sendiri oleh Sonny. Judul asli lagu ini adalah Minggat. Inilah teks syair lagu yang tiba-tiba jadi ngetop ini.

Minggat

Sri, kapan kowe bali

Kowe lungo ora pamit aku

Jarene neng pasar, pamit tuku trasi

Nganti saiki kowe durung bali

[Sri, kapan kamu kembali, kamu pergi tanpa pamit aku, katanya ke pasar, pamit beli terasi, sampai sekarang kamu belum kembali]

[Reff:]

Sri, opo kowe lali

Janjine sehidup semati

Aku ora nyono kowe arep lungo

Loro atiku, atiku loro

[Sri, apa kamu lupa, janjinya sehidup semati, aku tidak menyangka kamu akan pergi. Ssakit hatiku, hatiku sakit]

Ndang balio.. Sri

Ndang balio…o

Aku loro mikir kowe

ono ning endi

[Segera kembali… Sri, segera kembali. Aku sakit mikir kamu ada dimana]

Ndang balio.. Sri

Ndang balio.. o

Tego temen kowe minggat

ninggal aku

[Segera kembali… Sri, segera kembali. Tega betul kamu minggat meninggalkan aku]

Yen pancene Sri

kowe eling aku

Ndang balio

Aku kangen setengah mati

[Kalau memang Sri, kamu ingat aku, segera kembali. Aku kangen setengah mati]

Sri kowe nong endi to Sri?

ndang balio to Sri

aku kangenn…. banget

[Sri kamu ada dimana sih Sri? Segera kembali lah Sri, aku kangen… banget].[*]

Comments on: "Lagu Buat “Sri MenKeu Mulyani”" (1)

  1. obviously like your website however you need to take a look at the spelling on several of your posts.
    Many of them are rife with spelling problems
    and I in finding it very bothersome to inform the truth then again I’ll surely come again again.

Leave a Reply

