We Can Take From Our Life Up To What We Put To It……..

Mau curhat bentar nih, boleh kan: Dari kecil sampai SMA gw tinggal di Cilegon City (tau gk???? kalo gak tau liat peta indonesia aja gih:) ). Pas kuliah gw hijrah ke Bandung (katanya sih Bandung tu emang idaman Mahasiswa buat kuliah, menurut Gw sih  iya juga soalnya di Bandung tu segalanya ada dan apa yang gk pernah lo liat ditempat lo dulu pasti ada disini 🙂. Apalagi suasana di Bandung coy…..hmm susah buat di tulis di posting ini, kalau mau datang aja ke Bandung & nikmati indahnya hidup di Bandung.

Ups, kembali ke permasalahan diatas –Bahasa ALAY– Karena gw tinggal di lingkungan yang heterogen (tau gk tu lingkungan heterogen, cari gih di mbah google klo gk tau🙂, otomatis gw harus bisa menyesuaikan diri, salah satunya sama bahasa Gaul..ho3x. Dulu sih zaman gw SMA – Kuliah, bahasa gaul gk nyampe separah ini. Ya sedikit banyaknya tau lah bahasa gaul zaman dulu, tapi berhubung gw udah lulus kuliah & dah gede🙂, sedikit demi sedikit bahasa gaul gw coba ganti pakai bahasa resmi (contohnya bhasa panggilan “Lo & Gw” dirubah menjadi “Kamu & Saya” jd mulai sekarang pakai kata saya aja ya :)). Ok lanjut lagi, setelah beberapa bulan hilang dari peredaran dunia kampus, bahasa gaul (ALAY) anak-anak sekarang bikin saya pernah stress cuy (dulu pernah kejadian dapat SMS nyasar dari  anak sekolahan,  bahasanya ALAY bgt!! Malah kaya bahasa Alien Namec! Ceritanya saya balas tu SMS, kira-kira begini isinya: Maaf maksud SMS-nya apa ya? Eh sama dia langsung dibalas, tapi tetap dia balasnya pakai bahasa ALAY Namec….grrrrrrrr. Dibalas lagi ni sama saya: Maaf saya gak ngerti bahasanya, dia langsung dibalas lg, tapi tetap dia balasnya pakai bahasa ALAY. Grrrrr, daripada emosi tingkat tinggi mending gak usah saya balas lagi tu SMS, tp diam-diam saya pelajari lagi tu bahasa, dari tidur-duduk-berdiri-tidur-nongkrong-guling2-ampe tidur beneran baru tau tu maksud SMS….he5, bego bgt ya?)

Malah sekarang kayaknya anak2 SMP bahasa gaulnya jauh bgt dari peradapan indonesia..hehehe (liat aja gih di status anak2 masih ingusan Gaul disitus pertemanan FB, FS, Twiter, MySpace, or TemanKampus.com yg sulit dimengerti). Kalau anda termasuk orang2 seperti ditas (yang tidak mengerti bahasa ALAY yang nauzubillah🙂, berikut saya sampaikan beberapa bahasa/ tulisan ALAY yg beredar luas di anak muda yg saya pahami (dipahami setelah seharian mikir, nanya keteman2, belajar dari kitab suci SONGGOKONG, ampe googling..hehehe) tujuannya sih buat yang baca postingan ini gk kesusahan kaya saya dulu (Oia pesan saya buat yang muda2 gaul, please dong jangan bikin bahasa gaul kaya gini, kalau mau indonesia ya indonesia, kalo mau inggris ya inggris, kalu mau bikin bahasa kaya gini daftarin ntar ke PBB buat bikin bahasa & tulisan baru). Yoweslah baca aja tulisan ALAY berikut yang saya tau & juga komentar bahasa ALAY tersebut dari saya:

Kamus Besar Bahasa Alay (Made in anak GAUL gitu, di kutip dari FB, SMS & Google)

Rumah : Humz, Hozz, Uz (Hozz..hozz..capek abis lari2)
Aja : Ja, Ajj (Ajj bacanya apa ya?)
Yang : Iank/Iang, Eank/Eang (Lama-lama jadi eyang)
Boleh : Leh
Baru : Ru (Ru??? Apaan tuh?)
Ya/Iya : Yupz, Ia, Iupz, Yua, Ea (sering dijumpai diTKP facebook)
Kok : KoQ, KuQ, Kog, Kug
Nih : Niyh, Niech, Nieyh
Tuh : Tuwh, Tuch
Deh : Dech, Deyh
Belum : Lom, Lum,lomz
Cape : Cppe, Cpeg (Tapee dee..)
habis: abizzz
Kan : Khan, Kant, Kanz (Shah Rukh Khan???)
Manis : Maniezt, Manies
Cakep : Ckeppz
Keren : Krenz, Krent, Kyeent (makin parah)
Kurang : Krang, Krank,ckalank (Crank? Tambah ngga ngerti daaah…)
Tau : Taw, Tawh, Tw
Bokep : Bokebb
Dulu : Duluw (Dulux aja biar bisa ngecat kostku)
Sempat : S4 (S1, S2, S3, pinter bgt ampe S4, ^_^)
Ini : Iniyh, Nc,nech (apa hbungannya “ini” ama “Nc”?? WTF)
Ketawa : xixixi, haghaghag,, wkowkowkwo (bacanya apa coba tolong jelaskan, kan susah dibaca)
Nggak : Gga, Gax, Gag, Gx
Hai : Ui (Apaan Ui? Universitas Indonesia?)
SMS : ZMZ, XMX, MZ (oh god…ngga ngerti dah)
Lagi : Ghiy, Ghiey, Gi (Gigi Loe dah)
Apa : Pa, PPa,pha (PPa ??? Mamanya mana???)
Tapi : PPi (sama aja kaya yang diatas, asem)
Sih : Siech, Sieyh, Ciyh,cehh (nggak sekalian aja Syekh Puji)
Dong : Dumz, Dum (apa Dum-dum?)
Reply : Repp (ini yang paling sering ditemukan di dunia maya)
Halo : Alow (menurut kalian, apakah kita teletubbies? Berpelukaaaan..)
Sayang : Saiank, Saiang, chaiank,taiankk (masih bs diterima dah)
Lucu : Luthu, Uchul, Luchuw (pacul kaleee…)
Khusus : Khuzuz (Cuma diganti “z” doang)
Kalian : Klianz (klien kale…)
Add : Et, Ett (biasanya minta di add facebooknya)
Banget : Bangedh, Beud, Beut (sekalian aja baut sama obengnya)
Misalnya : jadi misalna, misal’a, misal.a (halah…)
Imut : Imoetz, Mutz, muetzz,moetz (ngemut kaleee??)
Loh : Loch, Lochkz, Lochx (ini yg buat aq jijay..)
Gitu : Gtw, Gitchu, Gituw
Salam : Lam (Lam..Lam..Lambemu)
Kenal : Nal (buset irit karakter banget)
Buat : Wat, Wad (Wat the fuck aja sekalian)
Cewek : Cwekz
Cowok : Cwokz
Karena/Soalnya : Coz, Cz (bhsa inggris yg disalahgunakan)
Masuk : Suk, Mzuk, Mzug, Mzugg (Oh God….)
Punya : Pya, P’y (kyk nama tetanggaku si Pia deh)
Pasti : Pzt, pzty
Anak : Nax, Anx, Naq
Cuekin : Cuxin (ngga jelas…)
Curhat : Cvrht (ini bahasa rusia apa?)
Terus : Rus, Tyuz, Tyz (Aarrghhh…!!!)
Tiap : Tyap
Kalau : Kaluw, Klw, Low (oh maann…)
Setiap : Styp
Main : Men (mens skalian, kyk dtng bulan aja)
Paling : Plink, P’ling
Love : Luph, Luff, Loupz, Louphh
Makan : Mumz, Mamz, mamam (ini mah spupuku umur 2th sering ngomong gtu)
Yuk : Yuq, Yuqz, Yukz
Lupa : Lupz (kok bisa jd Lupz? Darimana??)
Udah : Dagh, Uwdach
Kamu : Kamuh, Kamyu, Qmu, Kamuwh (berbahasa Indonesialah dgn baik dan benar teman)
Aku : Akyu, Akuwh, Akku, (Asem)
Maaf : Mu’uv, Muupz, Muuv (itu bacanya mulut harus dimonyong-monyongin ya?)
Sorry : Cowwyy, Sowry,cowly yach (WTF!!!)
Siapa : Sppa, Cppa, Cpa, Spa (SPA?? Perawatan tubuh, mau dong..)
Kakak : Kakagg

Ada yang punya bahasa ALAY lain,,tolong kasih tau kesaya. Atau pengertian bahasa ALAY saya salah, silakan mengisi kotak comment yang ada.

Comments on: "Bahasa ALAY (Baca Ini,,Jijay Bgt)" (7)

  1. huaaaahaaa…
    ngakak guling2 bacanya!! kakak strezz euy!! lucu gila bacanya!! sering memperhatikan orang di internet ya!!! ya ampuuun…. lama2 kakak ketularan alay spertinya!!! hahaha

    • sumpah !! GOKIL..
      bener kata “indah” ngakak guling2.
      sampai sakit perut.

      si kakak sampai segitunya artiin bahasa ALAY.
      hehehehe, xD

  2. Chandra said:

    Oea ne ku tmbhin
    sprti :
    anakx = anaknya

    bapakx= bapaknya

  3. karina yasmine said:

    wkwkwk…
    ternyt bhs alay tuch lc jg ea!!!
    aplg yg bi2r ny hrzz d mnyongin!!!
    tp g ap lach.. biza bwt plajran sms..

  4. riiand fkrforreverr said:

    apa: uphu,app,aph,phua,pow
    kita:qqta

    segini ajj dri aku.
    by: riiand (cilacap)

  5. Nheh bhasa gayul,
    Rempwong buangetz chÌN, ,
    phe ga pha la,
    lutyuu qo’, , ,
    oh ya nheh dha tambahan bahaca gayul niech:
    kolo jijik/jijayy=jajap eke ame lhoh, , ,
    ntu bahasa minang+betawe, , , , , ,
    ckckckckck

  6. iyan daledo said:

    Olala Wwkwkwkwkwkw ktawa ampek akit peyuuuut ^,^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: