We Can Take From Our Life Up To What We Put To It……..

TIPS NAIK TAKSI

TAXI merupakan salah satu alat transportasi umum yang sering digunain, banyak fakta-fakta yang sebenarnya tentang transportasi yang satu ini, sampai2 cerita soal taksi dari yang aneh2 sampai ke arah kriminalitas sudah jadi bagian kehidupan kita semua ya gan. Nah ada yang bilang kalo (terpaksa) naik taksi itu mengeluarkan ongkos yang jauh jadi lebih mahal dibandingkan alat transportasi lainnya (sebenarnya tergantung sih mau dibandingin pake apa dulu).

Nah berhubung saya sering banget naik taksi (bukan mau pamer ya gan, karena ini tadi terpaksa) di Jakarta juga di Bandung, saya mau share sedikit info soal tips-tips naik taksi yang nyaman, ga berat di ongkos juga.

  • Kalo lg kepepet banget atau buru2 banget, sebaiknya kalo dijalan lebih baik gunain jasa call ordernya, logikanya gini gan: biasanya taksi yang dicall order adalah taksi yang sedang beroperasi dalam jam operasi yang sudah ditentukan sama perusahaannya, dan bertanggung jawab penuh sama taksi yang dibawanya ya supirnya lah yang harus tetep standby dengan radio komunikasi yg terhubung sama pool taksinya. Walaupun emang rada mahal (dikenakan biaya charge 5000, dan pulsa kita) setidaknya ini lebih sedikit save memastikan taksi itu resmi dalam jam operasinya.
  • Selain cara diatas, sebaiknya agan2 gunain taksi yang mangkal jelas dipangkalan resmi (di hotel2, dimall-mall besar, dibandara, di rumah sakit)
  • Saat akan menaiki taksi, sebaiknya agan juga lebih milih kondisi taksi (yang ini kembali ke pribadi masing2 juga) yang lebih layak untuk dijadikan alat transportasi. Catat/ Ingat baik2 no.polisinya gan itu lebih baik lagi.
  • Sebaiknya pas didalam taksi, agan2 santai aja ga usah paranoid, perhatikan stiker info yang dipasang pintu kanan kiri, cek ID CARD supir, cocokin sama tampangnya, kalo rada beda jangan panik dulu, basa-basi aja dulu, minimal ajak ngobrol, “pak, taksi pool mana nih…bla…bla…” secara psikologis, ini dapat memecahkan rasa kebekuan memulai komunikasi, agan harus kuasain situasinya lebih dulu daripada supirnya! justru kalo ternyata kondisinya sesuai baik2 aja, agan bisa ngobrol baik sama supirnya, jadi kenalan, dikemudian hari agan bisa punya kenalan dan langganan supir taksi yang pas dihati agan.
  • Kalo agan khawatir terjadinya kejahatan didalam taksi, dengan kondisi diatas, agan ga usah panik, kalo bisa agan segera mungkin turun didaerah yang ramai dan banyak orang, bayar dengan uang pas sesuai argo, kalo memang harus ada kembalian tapi situasinya tidak mengenakkan, yah relakan saja sedikit uang kembalian itu, keselamatan lebih penting kan
  • Daerah Jakarta, yang sebaiknya waspada dan dihindari soal naik taksi :
  1. Terminal Kp.Rambutan – Pasar Rebo, biasanya taksi menembak harga yang diinginkan, udah gitu penumpang suka dimintain uang tambahan 5000 sebagai uang antri ke preman2 sekitar. Apalagi kalo malam!
  2. JatiBening, wah jangan deh sekali2 naik taksi disini juga, harga ditembak langsung udah gitu sama kaya diterminal rambutan dipalak 5000.
  3. Tanah Abang, sama kaya di jatibening juga tapi paling banter dimintain charge tambahan 3000.
  4. Depan Trisakti kampus cempaka putih, ini rawan banget, banyak supir tembaknya, identitas ga jelas!
  • Daerah Bandung : berhubung taksi dibandung itu ga sebanyak di Jakarta, saya lebih menyarankan naik taksi 2 perusahaan: yang logonya Burung warna biru, sama Gemah RipAh. Kalo diluar itu, saya udah berkali2 kecewa!
  1. Terminal Leuwipanjang – Perempatan Cibaduyut, kalo memang harus terpaksa naik taksi dari sini, ente2 harus jago nawar! jangan mau kalah sama supirnya, soalnya supirnya juga kadang pinter udah ditawar deal misalkan 30ribu, tau2 dimintain pas bayar jadi 35 ribu dengan alasan buat jasa keamanan preman di terminal
  2. Buah batu, sama juga kaya di Leuwi panjang.
  3. Stasiun Hall (Stasiun Kereta Api) Daerah Kebon Kawung, lebih baik naik taksi yang resmi deh (Burung Biru/Gemah Ripeh), walaupun kena tambahan biaya charge 5000, soalnya kalo naik yang ga resmi, DIJAMIN ENTE DIBAWA MUTER2 JAUH dari tujuan akhirnya ARGO JADI BENGKAK!
  • Kalau terpaksa naik taksi malam (karena kemalaman) sebaiknya sih pake jasa call order aja, yah untung2an sih kalo harus langsung dari stop di jalan, tapi yang namanya kejahatan itu karena ada kesempatan juga, introspeksi diri juga gan, coba bawa diri juga. Mudah2an tips2 ini berguna buat agan2…kalo mau ditambahin silahkan gan dengan senang hati.

Comments on: "TIPS NAIK TAKSI" (3)

  1. woi ga….klo arti bahasa dari “gan”, “Agan” itu berasal dari mana sih????

    • Gan or Agan tu bahasa sapaan buat di dunia blogger, awal mulanya sih mulai dari Kaskus Indonesia, yg orang pada jualan macem2 itu lo. Mereka buat manggil konsumennya pake kata “Juragan”, tp lama2 jadi “Agan or Gan” ja…hehehe

  2. oh oke2…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: