We Can Take From Our Life Up To What We Put To It……..

Gunanya Ospek Kuliah

Disini ane cuma mau sekedar share dan pandangan ane tentang ospek kuliah. Jika banyak dari kita yang menilai bahwa ospek di dunia perkuliahan itu tidak perlu, menurut ane itu salah besar.

Ospek itu sebenarmya bertujuan mempersiapkan kita untuk kuliah. Sadarkah kita bahwa kuliah itu sebetulnya “WELCOME TO THE JUNGLE”? Dimana yang dimaksud dengan JUNGLE itu adalah masa selesai kuliah ato masa bekerja nantinya.

Kita sering menganggap remeh ospek itu sendiri. Banyak dari kita yang mengucapkan “apa sih gunanya ospek? bikin cape doang. belom lg kalo disiksa”. Hal seperti itulah yang bisa merugikan anda. Saat ini pemerintah pun sudah mulai melarang ospek itu sendiri sebenarnya. Jika anda lihat sendiri nantinya betapa banyaknya tugas kuliah, quiz, ujian, dll itu tidak ada apa2nya dibandingkan tugas ospek itu sendiri apalagi pekerjaan kita nanti. Kalaupun cuma sakit sedikit tetaplah datang ke ospek karena saat kerja nanti mau sakit atau engga anda tetap disuruh masuk.

Tujuan sebenarnya dari ospek adalah:

1. Menambah teman:

hal ini sudah jelas karena dengan ospek kita mendapatkan teman baru entah itu satu daerah, beda daerah, beda suku. teman-teman itlah yang nantinya membantu anda dalam masa perkuliahan. walau banyak diantaranya malah saling sikut dll, diantaranya pasti ada yang bisa membantu anda saat anda tidak mengerti pelajaran. selain itu disaat susah pun kita membutuhkan teman karena masalah bisa diselesaikan lebih mudah jika bersama-sama. tapi jgn dimanfaatin temannya nanti

2. Melatih berpikir “OUT OF THE BOX”:

di ospek biasa kita digenjot untuk melakukan hal dengan cepat. ini berkaitan dengan kemampuan berpikir kita. terkadang kita menyelesaikan masalah yang mudah dengan sulit karena kita dikurung dalam KOTAK pikiran kita sendiri. padahal dengan penyelesaian yang mudah masalah itu bisa selesai

3. Menambah koneksi:

dengan mendapat banyak teman di ospek dan masa perkuliahan, kita bisa mendapat koneksi yang sangat luas. berdasarkan pengalamn beberapa orang, mencari kerja sekarang susah apalagi ga punya koneksi. semakin sempitnya lapangan kerja membuat kita mau tidak mau harus memiliki koneksi yang luas agar mempermudah jalan kita mencari kerja nantinya.

4. Pendewasaan diri:

biasanya dalam ospek ada divisi TATIB dimana divisi itu tugasnya marah2in kita yg anak baru. mereka secara tidak langsung ingin mnyampaikan agar kita tidak egois, peduli akan lingkungan dll. walaupun mereka terkadang main fisik, itu adalah yg terjadi nantinya di “dunia sebetulnya”.

5. Menghargai pluralisme:

pluralisme itu identitas diri dari bangsa Indonesia jadi kita harus menghargainya baik2. dengan beragamnya mahasiswa di suatu kampus kita belajar untuk menghargai satu sama lain. karena nantinya di dunia kerja tidak pandang SARA dll. yg dipandang cuma kemampuan. lagipula beragam-ragam isinya kita tetap satu yaitu INDONESIA

Saran ane:

  1. ikutlah ospek beserta acara2nya
  2. cari teman sebanyak2nya
  3. rajin2 kuliah nantinya
  4. belajar mengatur wakru apalagi yg ngekos sama yg kerja
  5. cari nilai di semester awal karena biasanya gampang
  6. jadi panitia acara2 kampus karena kemampuan berorganisasi sekarang lebih dicari daripada IP (Indeks Prestasi)

Comments on: "Gunanya Ospek Kuliah" (2)

  1. pasti bisa said:

    Sebenernya yah,,
    menurut pendapat ane, bahwasanya ospek itu diangkat dari budaya mapras kemiliteran.
    yang notabene untolerable terhadap kondisi peserta.

    Namun, sebenarnya fikiran logis, fast response dan tanggung jawab akan tugas atau kegiatan kuliah maupun pekerjaan di dalam lingkungan masyarakat dapat dikuasai, naik seiring wawasan dan umur sehingga selain memiliki rasa tanggung jawab, dll sperti disebutkan sebagai manfaat ospek muncul pula nilai-nilai budi pekerti luhur yang tidak akan didapatkan dari proses tekanan person by person seperti ospek.

    Setelah anda lepas dari kuliah ataupun datang pemikiran dewasa yang nantinya lebih mantap kalau anda sudah berkeluarga ataupun memiliki anak anda akan berfikir bahwa proses ospek seperti joke, lelucon, dan suatu produk imperialisme masa lalu. maklum, kita lama dijajah belanda soalnya.

    hanya pendapat lho..
    peace..ya.

  2. sesalahnya yah,,
    menurut pendapat saya, semuanya ada baiknya ada juga buruknya..
    ada gagalnya ada jg berhasilnya..
    semua dari personal masing-masing..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: