We Can Take From Our Life Up To What We Put To It……..

About WP

Page ini cuma menjelaskan kenapa saya membuat Blog di WP bukan di Blogspot atau tempat lainnya. Dalam page ini juga saya paparkan kenapa nge-Blog di WP lebih enak daripada di Blogspot atau tempat lainnya. Juga sebagai sarana promosi kepada Blogger pemula untuk menggunakan situs WP dalam nge-Blog dan ucapan terimakasih kepada WP yang  sudah menyediakan fasilitas gratis untuk seluruh Blogger didunia untuk membuat Blog pribadi

Sebelumnya saya pernah membuat blog di Blogspot, tetapi karena pengetahuan saya tentang bahasa HTML tidak begitu bagus sehingga menyebabkan Blog saya terdahulu tidak terurus ditambah lagi saya tidak memiliki waktu luang untuk mempercantik Blog saya terdahulu itu, dan hasilnya tampilan Blog saya itu sangat standar sekali. Dan jika saya tetap melanjutkan membuat Blog di Blogspot pasti waktu saya banyak terbuang untuk mempercantik tampilan Blog saya, pribahasa ini sangat tepat jika saya tetap melanjutkan mempercantik Bblog di Blogspot:

Ternyata Rumput di Halaman Tetangga Lebih Hijau Dari Rumput dihalaman Sendiri, yang kalau saya artikan menurut pendapat saya: sebagus-bagusnya saya mempercantik tampilan blog saya, pasti blog orang lain tampilannya akan jauh lebih menarik dan lebih bagus. Hal ini yang akan membuat waktu saya banyak terbuang untuk mencari theme-theme yang diinginkan atau juga bahasa HTML yang support. Beda dengan WP yang theme-nya suadah disediakan, sehingga tidak membuat saya merasa iri terhadap blog orang lain di situs WP.

Kayaknya saya tidak salah nge-blog pakai WordPress, setelah gonta-ganti layanan blog dari Blogspot, Blogsome semuanya gak ada yang sesuai dengan style saya. Kemudian saya coba pakai WordPress, ee……….. belum sempat posting saya sudah jatuh cinta dengan theme yang begitu menarik. Dan saat kita posting juga setelah kita publish ternyata tulisannya sangat rapi, tidak seperti di blogspot yang sudah saya rata kanan-kiri masih juga gak bisa rapi.

Sebenarnya saya suka otak-atik bahasa HTML dan JavaScript, karna saya sudah jatuh cinta walaupun WP gak support HTML/ JavaScript saya tetap setia nge-Blog pakai WardPress. Karna WordPress memiliki kelebihan yang sangat lebih dari layanan blog lainnya

Keunggulan WordPress antara lain (Ini Kata Sumbernya Lho):

  • Bersifat bebas (free/ gratis) karena dilisensikan di bawah lisensi GPL (GNU Public Licence).
  • Dapat digunakan secara offline (tanpa konrksi internet) menggunakan web server yang di instal secara lokal.
  • Dapat di instal pada web hosting yang mendukung penggunaa PHP dan MySQL. Versi PHP yang digunakan minimal adalah versi 4.2 dan versi MySQL minimal adalah 3.23.x.
  • Mudah dikustomisasi.
  • Meneyediakan banyak theme dan plugin.
  • Mendukung proses pembuatan kategori dan subkategori yang tidak terbatas.
  • Dapat melakukan sindikasi otomatis dengan bantuan RSS dan Atom.
  • Menggunakan interface XML ROC (Remote Procedure Call) untuk proses trackback dan remote posting.
  • Dapat diintegrasikan dengan posting melalui email.
  • Support terhadap plugin dan theme (pengaturan skin pada blog).
  • Mempunyai kemampuan untuk mengimpor data dari MovableType, TextPattern, grayMetter, b2evolution dan Blogger yang merupakan kelebihan utama WordPress. Pemakai WordPress juga dapat membuckup semua posting untuk kepentingan keamanan dan menguploadnya kembali secara mudah.
  • Mendukung dokumen dengan berbagai jenis ekstansi dan mempunyai API (Application Program Interface) untuk meningkatkan kemapuan WordPress.
  • Sangat mudah untuk melakukan proses administrasi dan perawatan tanpa harus memiliki pengalaman dalam nge-Blog.
  • Fasilitas searching yang nyaman.
  • Proses publish konten secara instan.
  • Mendukung multi bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.
  • Mempunyai susunan panel administrasi yang terbaik dengan segudang fiturnya.
  • Link manager untuk mempermudah proses pembuatan link dengan blog atau situs lain.

Berikut 7 alasan saya tetap memilih wordpress untuk nge-Blog setelah wara-wiri sana sini…hehehe

1. Mudah digunakan. WordPress mempermudah Anda melakukan aktifitas blogging. Apa lagi jika Anda masih sangat baru (newbie) dalam blogging. Jika Anda adalah seorang newbie (pemula), Anda  tidak perlu mengetahui hal-hal yang sifatnya teknikal seperti html, PHP atau pun CSS. Untuk membuat artikel baru, Anda hanya perlu ke admin dashboard dan klik add new di bawah posts lalu mulailah menulis. Saat ini banyak tutorial wordpress blog mulai dari ebook hingga Video yang beredar di internet secara gratis.

2. SEO Friendly. Saya menggunakan wordpress (selft hosted)  sebagai CMS blog ini. Dengan memilik berbagai fitur di dashboard Anda dapat melakukan SEO (search Engine optimisation) di dalam postingan dan Google sangat menyukainya. Selain itu blog  wordpress juga sangat cepat diindex oleh mesin pencari seperti google.com, Yahoo atau Bing. Hingga saat ini Google masih yang tercepat mengindex.

3. Aman digunakan. Takut blog Anda di Hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dengan CMS wordpress ini, insyaallah blog Anda akan senantiasa Aman. Mengapa saya katakan Aman karena WordPress.org secara kontinue  selalu memperbaharui CMS mereka dari waktu ke waktu. Hingga postingan ini saya terbitkan, wordpress sudah melakukan. Jadi tidak perlu takut dengan system keamanannya asalkan jangan sembarang menginstall plug in ke blog Anda.

4. Banyak pilihan theme. Seperti yang telah saya sebutkan di poin no. 1 bahwa Anda tidak perlu memiliki keahlian teknis seperti html, php atau pun CSS saat ingin mengganti theme blog Anda. Jika Anda browsing di google tentang free wordpress theme, banyak sekali theme gratis yang dapat Anda download. Seperti di wordpressthemedirectory.com, Anda dapat mendownload dengan puas premium theme secara gratis. Selain membuat blog dengan menggunakan wordpress (self Hosted) ini, Anda juga dapat membuat toko online.

5. Banyak Jenis Plug in. Ini yang membikin aktifitas blogging tambah santai tanpa harus pusing memikirkan masalah code. Ada banyak plug in yang tersedia di internet dan dapat Anda gunakan untuk mengotimisasi blog sehingga Anda tidak perlu dipusingkan tentang oleh pengkodean yang begitu rumit. Dengan menginstall plug in yang telah disediakan oleh wordpress.org, blogging Anda terasa mudah. Hati-hati saat menginstall plug in di blog anda. Pastikan plug in tersebut berasal dari sumber yang terpercaya seperti dari wordpress.org (Self Hosted).

6. Automatic Update Service. Automatic Update Service ini yang membuat saya sangat tercengang ketika tiap kali mempublish postingan yang baru saya buat. Dalam hitungan menit saja, artikel baru saya sudah diindex oleh google dan berada di halaman pertama google. Berkat Automatic Update service inilah, Blog Anda akan langsung mem PING dan memberitahukan google jika ada postingan baru di blog Anda untuk di-crawl dan di index. Mudah khan?

7. Banyak direkomendasikan oleh blogger professional. Hampir semua blogger professional baik itu dalam negri ataupun luar negri menggunakan wordpress sebagai CMS blog mereka.

Sebenarnya masih banyak lagi sih alasan yang lebih advance dan teknikal dalam memilih wordpress sebagai CMS blog Anda. Tetapi cukup 7 alasan di ataslah yang membuat saya jatuh cinta kepada wordpress untuk berpindah hati dari blog pertama saya yang ada di blogger.com.

%d bloggers like this: