We Can Take From Our Life Up To What We Put To It……..

TAHUKAH ANDA

SEJARAH NAMA TEDDY BEAR

Suatu hari, Presiden Theodore Roosevelt pergi berburu. Seekor beruang tertangkap dan diikat agar presiden dapat menembaknya, namun Presiden Roosevelt tidak mau membunuh beruang itu. Kisah ini menjadi terkenal ketika dilaporkan di surat kabar dan digambar dalam bentuk kartun. Seorang laki-laki bernama Morris Michtom memiliki toko permen dan alat-alat tulis. Istrinya yang bernama Rose kadang-kadang membuat boneka beruang kecil yang diletakkan di jendela toko mereka. Morris melihat kartun beruang di  koran dan mendapatkan ide. Dia minta istrinya membuat beberapa beruang khusus seperti yang ada dalam gambar kartun itu. Lalu Morris menulis surat yang ditujukan ke Gedung Putih, menanyakan apakah beruang baru itu boleh diberi nama seperti nama Presiden. Presiden membalas surat itu, “Saya pikir nama saya tidak begitu berharga dalam bisnis beruang, tapi anda boleh saja menggunakannya.”Maka Morris meletakkan beruang-beruang baru itu di jendela tokonya, di sebelah gambar kartun. Boneka beruang itu dinamai dengan nama panggilan Presiden Roosevelt, Teddy. Dan sampai sekarang boneka beruang tersebut terkenal dengan nama “Teddy Bear”.

KESUSAHAN GALILEO GALILEI

Galileo Galilei, adalah orang yang mengalami kesulitan,  baik semasa hidup maupun setelah mati. Saat kematiannya di tahun 1642, tubuhnya tidak langsung dikuburkan, melainkan tetap disimpan hingga tahun 1737, hampir seabad berikutnya. Sebelum dikuburkan di Gereja Santa Croce, Florence, Italia, seorang bangsawan memotong tiga jari-jari Galileo sebagai “kenang-kenangan”. Dua dari jari itu kemudian dimiliki oleh seorang dokter Itali, dan jari ketiga  sepotong jari tengah – saat ini berada di Museum Sejarah Ilmu Pengetahuan di Florence, Italia, dipajang menunjuk ke langit di atas tiang marmer.

KISAH ISAAC NEWTON

Cerita bahwa Isaac Newton kejatuhan apel saat memikirkan teori gravitasi adalah tidak benar.  Yang benar adalah ia melihat apel jatuh dari pohon saat melihat bulan sabit di angkasa. Selanjutnya Isaac Newton berpikir, apakah tenaga yang menjaga bulan tetap di angkasa sama dengan tenaga yang menarik apel jatuh ke tanah? Dari inspirasi itu dimulai penelitiannya tentang gravitasi.

ARTI S.O.S

Tanda bahaya dalam keadaan darurat adalah SOS. Banyak yang mengatakan, SOS adalah singkatan “Save Our Soul”. Tetapi ini sebenarnya keliru. SOS bukanlah singkatan. Huruf SOS dipilih karena tanda ini dapat dengan mudah diingat bila dituliskan dalam kode Morse (alfabet yang digunakan pada telegraf). Dengan kode morse, tanda SOS terbentuk dari tiga titik tiga garis dan tiga titik. Tanda SOS pertama kali digunakan oleh kapal legendaris “Titanic” saat menjelang ajalnya. Namun sayangnya tanda SOS saat itu belum dikenal luas. Tidak heran pada saat musibah Titanic, kapal-kapal di sekitarnya terlambat merespon dan memberi bantuan. Sebagai alternatif lain dari SOS adalah “Mayday”, yang biasanya diucapkan lewat hubungan komunikasi radio. Kata “Mayday” berasal dari kata : “m’aidez” – bahasa Perancis yang berarti “Tolong Saya”.

SEJARAH TELESKOP

Teleskop pertama dibuat pada tahun 1608 oleh orang Belanda bernama Hans Lippershey. Teleskop tersebut memiliki dua lensa yang membiaskan cahaya dan membuat objek yang jauh kelihatan sangat dekat. Setahun kemudian, seorang Italia bernama Galileo Galilei menggunakan teleskop yang serupa untuk mempelajari bulan.

BUAH TOMAT

Dulu, orang Amerika sangat takut terhadap buah tomat, dan menganggapnya beracun serta tidak bisa dimakan, karena  tomat masih sekeluarga dengan kecubung. Namun tentu saja itu tidak berlangsung terus. Keadaan berubah setelah seorang dokter asal Virginia bernama Dr. Siccary di tahun 1733 berani ‘menantang maut’ dengan memakan beberapa buah tomat di depan orang banyak. Masyarakat Amerika kemudian menjadi percaya bahwa tomat tidak beracun dan bahkan memiliki rasa nikmat. Di masa kini Amerika Serikat adalah produsen dan konsumen tomat terbesar di dunia.

SEJARAH PIALA OSCAR

Oscar, patung emas berbentuk ksatria yang sedang berdiri di atas gulungan film, adalah piala yang dimenangkan oleh para bintang film dalam upacara tahunan Academy Awards. Tapi mengapa patung itu dinamakan Oscar? Piala tersebut sebetulnya tidak mempunyai nama sampai tahun 1931. Pada tahun 1931, Oscar Pierce, seorang petani Texas yang kaya, tanpa disangka-sangka “tampil”. Keponakan perempuan-nya adalah seorang penjaga perpustakaan pada Academy of Motion Pictures Arts and Sciences. Suatu hari ia sambil lalu mengatakan bahwa patung ksatria itu mirip dengan pamannya, Oscar. Seorang wartawan surat kabar kebetulan mendengar komentar-nya dan menerbitkan sebuah cerita, dengan menyebutkan bahwa “karyawan-karyawan memberi julukan patung terkenal itu dengan nama “Oscar”. Sejak itu nama Oscar menjadi resmi dan digunakan terus. Pernah sekali terjadi, Oscar tidak dibuat dari logam, yaitu pada waktu Perang Dunia II. Meskipun pada waktu itu Amerika  kekurangan logam, piala Oscar tetap diberikan, tapi terbuat dari kayu.

FOBIA TOKOH TERKENAL

Thomas Hobbes menderita fobia terhadap gelap, sehingga kapanpun dan di manapun, ia selalu minta lampu dinyalakan, bahkan pada saat tidur.

Degas, pelukis Perancis terkenal, menderita fobia terhadap bunga, ia akan selalu pucat pasi bila mencium bau bunga ataupun parfum beraroma bunga.

Erasmus, pemikir dan filsuf humanis Belanda, yang di sini kita kenal namanya dipakai sebagai pusat kebudayaan Belanda Erasmus Huis, menderita fobia terhadap ikan, hewan yang selalu membuatnya demam walau untuk cuma sekedar dilihat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: